Apa Penyebab Gigi Berlubang dan Bagaimana Proses Terjadinya?

Salah satu gangguan yang biasanya terjadi pada gigi adalah adanya gigi berlubang. Kondisi Gigi berlubang kadang menjengkelkan karena bisa menyebabkan rasa sakit dan mengganggu aktivitas sehari hari. Tapi sudah tahukah kalian apa penyebab gigi berlubang?

Gigi berlubang tidak hanya terjadi pada anak anak, namun juga pada orang dewasa. Pola makan dan pola hidup yang kurang teratur menyebabkan penumpukan plak pada gigi yang lambat laun bisa menyebabkan gigi berlubang.

Proses Terjadinya Gigi Berlubang

Secara umum, penyakit gigi berlubang akan diawali dengan adanya penumpukan plak pada permukaan gigi. Plak plak ini berasal dari sisa sisa makanan baik itu berupa gula dan asam makanan lainnya yang tidak dibersihkan dengan baik.

Makanan yang biasanya menyebabkan plak berasal dari makanan roti, susu, buah, permen, minuman ringan dan minuman bergula lainnya.

Pada prosesnya, jika makanan tersebut tersisa di mulut dan tidak dibersihkan, maka bakteri bakteri dalam mulut akan mengubahnya menjadi asam.

Kombinasi asam, bakteri, sisa sisa makanan dan juga air liur dalam mulut akan membentuk jaringan plak pada gigi. Plak plak tersebut awalnya akan berbentuk lunak dan masih bisa dibersihkan.

Namun, apabila plak tidak dibersihkan dalam jangka waktu lama, maka plak tersebut akan mengeras dan mengendap di gigi bagian tertentu. Nah, dari endapan plak itulah biasanya akan muncul beberapa kondisi, diantaranya adalah kondisi gigi berlubang.

Penyebab Gigi Berlubang

Setelah membahas tentang proses terjadinya gigi berlubang, anda harus tahu juga apa penyebab gigi berlubang serta juga dengan faktor faktor yang menjadi pendorongnya.. Berikut ini adalah beberapa penyebab gigi berlubang.

Gigi berlubang disebabkan oleh proses yang telah disebutkan diatas. Adapun, faktor faktor yang mendorong atau yang menjadikan sebab seseorang terkena gigi berlubang, diantaranya adalah:

  • Mengkonsumsi makanan makanan tinggi gula, seperti permen, minuman kemasan yang manis, bolu dan jenis jenis kue lainnya.
  • Menggunakan pasta gigi yang tidak ada kandungan fluoride, yakni sejenis senyawa yang bisa merawat kesehatan gigi dan melakukan pencegahan gigi rusak         
  • Mulut kering karena kurang asupan air minum
  • Mengidap asam lambung atau gangguan makan
  • Usia yang sudah tua
  • Penggunaan obat obatan, vitamin, suplemen atau produk herbal tertentu yang banyak mengandung gula
  • Jarang menggosok gigi dan menjaga kebersihan gigi dengan baik
  • Memiliki riwayat kesehatan dengan adanya penyakit Sjogren syndrom

Pengobatan Pada Gigi Berlubang

Jika anda terlanjur mempunyai gigi yang berlubang, baik itu lubang kecil ataupun lubang yang besar. Anda perlu melakukan beberapa langkah tertentu untuk memperbaiki lubang pada gigi tersebut.

Melakukan Tambal Gigi

Tambal gigi adalah suatu prosedur medis yang digunakan untuk menambal gigi anda yang berlubang. Untuk melakukan prosedur ini anda bisa pergi ke dokter gigi terdekat untuk dilakukan penanganan lebih lanjut oleh yang bersangkutan.

Adapun, penambalan pada gigi biasanya dilakukan jika lubang pada gigi belum begitu parah dan tidak merusak bagian akar gigi

Perawatan Saluran Akar

Pada lubang gigi yang sudah besar dan telah merusak saluran akar. Dokter gigi umumnya akan melakukan langkah perawatan pada saluran akar. Cara yang dilakukan adalah dengan mengeluarkan pembuluh darah dan jaringan saraf yang telah membusuk.

Setelah dibersihkan, bagian yang kosong pada akar akan diisi dengan obat obatan tertentu. Setelahnya anda bisa melakukan prosedur penambalan ataupun minta dibuatkan restorasi pada gigi. Nah, itulah kurang lebih penjelasan singkat tentang gigi berlubang, mulai dari proses terjadinya gigi berlubang, penyebab gigi berlubang sampai dengan penanganan jika anda memiliki kondisi gigi yang berlubang.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *