Kabupaten Alor Adakan Wisata Festival Dugong

Festival Dugong  kembali digelar di Kabupaten Alor Nusa Tenggara Timur pada 18-19 Mei 2022. Dalam festival yang digelar rutin setiap tahun itu, masyarakat dan wisatawan dapat makin mengenal potensi wisata Alor, sekaligus keunikan budaya dan sumber daya alamnya yang akhirnya berdampak pada pergerakan ekonomi.

“Festival Dugong adalah bukti bahwa kita punya komitmen untuk membangkitkan perekonomian setelah terpuruk karena pandemi,” kata Staf Ahli Bidang Reformasi dan Regulasi Kemenparekraf Raden Kurleni Ukar dalam keterangannya, Kamis, 19 Mei 2022.

Menurut Raden, Alor memiliki berbagai atraksi wisata minat khusus, religi, budaya, seni dan bahari yang dapat dipromosikan melalui kegiatan seperti Festival Dugong ini. Apalagi masuknya Festival Dugong dalam kalender

event nasional menjadi bukti bahwa Alor menempati posisi yang istimewa di bidang pariwisata Indonesia.

Dalam festival itu digelar sejumlah acara menarik. Festival dibuka dengan prosesi Upacara Adat Cinta Laut sebagai wujud syukur atas kehadiran dugong di laut Alor yang memberi berkah. Pada kesempatan itu, sanggar lokal bakal menampilkan berbagai kesenian khas Alor.

Acara akan dilanjutkan dengan Wisata Pengamatan Dugong. Untuk mendukung konservasi, Festival Dugong 2022 juga akan melakukan kegiatan Penanaman Anakan Bakau di sekitar habitat dugong. Lewat agenda itu, masyarakat diharapkan bisa belajar memahami dan ikut melestarikan dugong serta habitatnya. 

Sementara itu, Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores Shana Fatina mengatakan Alor memiliki begitu banyak potensi wisata dan sangat kental dengan nuansa kearifan lokal dan prinsip keberlanjutan. Keberadaan dugong di Alor juga merupakan bukti bahwa perairan Alor masih terjaga dengan baik, mengingat dugong biasanya hidup di perairan yang memiliki padang lamun (ekosistem khas di laut dangkal).

“Sehingga adanya festival seperti ini semakin memperkuat komitmen bersama untuk menjaga alam agar di tahun-tahun yang akan datang dugong Alor masih bisa dilihat oleh masyarakat,” kata Shana.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.